MOM'S LIFE

Cara Aman Memilih Produk Kosmetik, Bunda Wajib Tahu

Safira Raudhatul Jumat, 07 Des 2018 - 18.56 WIB
Ilustrasi kosmetik/ Foto: iStock Ilustrasi kosmetik/ Foto: iStock
Jakarta - Bun, siapa sih yang tidak ingin tampil cantik? Biasanya para wanita senang mencoba produk kecantikan. Bahkan, penggunaan produk kosmetik juga disukai oleh para artis lho, Bun. Nyatanya tidak semua jenis kosmetik aman digunakan, apalagi saat ibu sedang hamil.

Untuk Bunda yang suka membeli skincare harus waspada karena maraknya kasus penjualan kosmetik ilegal dengan merek dagang Derma Skin Care (DSC) yang turut menyeret nama sejumlah artis cantik. Misalnya, Nia Ramadhani, Via Vallen, dan Nella Kharisma.

"Minggu depan kita akan memanggil salah satu endorser yang kita katakan sampai bertahap dari Nella Kharisma kemudian Via Vallen dan seterusnya," ungkap Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, dikutip dari Insertlive.

Pembelian skincare harus hati-hati dan harus selektif dalam memilihnya, jangan sampai kita terjebak dengan produk ilegal seperti Nia Ramadhani, Via Vallen dan Nella karisma. Karena banyak kandungan berbahaya terdapat di produk yang belum tercatat Badan Pengawasan Obat dan Makanan atau BPOM.

Hal ini disampaikan oleh Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis RS Mount Sinai. Dikutip dari Self, skincare saat hamil harus dipilih secara selektif. Baik pada ibu hamil atau tidak, pemakaian produk skincare yang tidak aman dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih mudah meradang.

Ilustrasi makeupIlustrasi makeup Foto: dok.iStock
"Fluktuasi hormon pada ibu selama hamil dan menyusui bisa berdampak pada fungsi kulit ibu. Bunda tidak dapat menggunakan beberapa produk yang membahayakan untuk bayi," kata Joshua. Kemudian, Bunda disarankan menghindari produk yang mengandung topical retinoids, hydroquinone, benzoyl peroxide, formaldehyde dan produk kosmetik injeksi.



Agar bisa memilih produk kosmetik yang aman, coba terapkan tiga syarat ini ya, Bun.

1. Membeli produk di apotek

Memilih produk yang aman itu mudah kok, Bun. Bunda bisa membelinya di apotek karena produk yang dijual sudah terjamin. Sehingga, ketika ada sesuatu yang nggak beres bisa diadukan segera ke pihak distributor, produsen atau pihak apotek, Bun.

Kemudian, pastikan produk kosemtik nggak mengandung bahan-bahan yang tidak aman seperti retinyl palmitate and Retinol (vitamin A), phthalates, parabens, dibutyl phthalate, triclosan, dan diazolidinyl urea, demikian dilansir Pop Sugar.

2. Hati-hati membeli produk di internet

Harga murah kadang bikin kita tergiur untuk memilih produk kecantikan ya, Bun. Termasuk di internet nih. Demi keamanan, jangan pernah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.

"Para pengguna skincare agar tidak mudah terpengaruh iklan yang belum tentu sesuai. Para pelaku endorsement menjadi salah satu ikon yang bisa menjadi mulut dalam penyampaian barang yang memang memiliki izin resmi dari BPOM," kata Penny K Lukito, Kepala BPOM dikutip dari detikcom.

3. Cek label BPOM

Jika Bunda ingin membeli produk yang aman pastikan terdapat label BPOM, adapun cara mengindentifikasinya, Penny K Lukito menambahkan cara mengidentifikasi obat dan kosmetik yang ilegal, pertama, produk tersebut tidak memiliki nomer verifikasi registrasi yang benar. Kemudian, cek label dan kemasannya, cek izin edar, dan cek tanggal kadaluarsanya.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi