MOM'S LIFE

4 Kegiatan Produktif Durasi 5 Menit yang Bisa Dilakukan di Rumah

Asri Ediyati Kamis, 11 Okt 2018 - 21.06 WIB
4 Kegiatan Produktif Durasi 5 Menit yang Bisa Dilakukan di Rumah/ Foto: Thinkstock 4 Kegiatan Produktif Durasi 5 Menit yang Bisa Dilakukan di Rumah/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi seorang ibu dari anak balita maupun remaja, ada satu hal yang kadang selalu kurang yakni waktu. Banyak ibu bilang waktu 24 jam sehari itu rasanya nggak cukup. Mulai dari mempersiapkan sarapan, antar anak sekolah, belanja bahan makanan hingga persiapan makan malam. Semua pekerjaan yang dilakukan ibu rasanya merupakan kegiatan produktif.

"Ibu berperan 2/3 kali lebih banyak dalam mengelola rumah tangga dan dua kali lebih banyak dalam pengasuhan anak dibandingkan ayah," kata Roslina Verauli SPsi MPsi, psikolog anak dan keluarga.

Belum lagi kalau anak les dan cucian menumpuk. Oleh karena itu, seorang ibu perlu punya strategi yang kreatif untuk bisa melakukan semuanya. Nah, ternyata melakukan hal-hal produktif nggak selalu memakan waktu yang lama.
4 Kegiatan Produktif Durasi 5 Menit yang Bisa Dilakukan di Rumah/ 4 Kegiatan Produktif Durasi 5 Menit yang Bisa Dilakukan di Rumah/ Foto: Thinkstock




Berikut telah dirangkum dari Pop Sugar, 4 kegiatan produktif berdurasi lima menit.

1. Lap Debu di Perabot Kecil

Untuk ibu bekerja mungkin sulit memiliki waktu untuk membersihkan seluruh ruangan kecuali akhir pekan. Manfaatkan waktu lima menit saja untuk membersihkan debu di perabot kecil. Misalnya di meja tamu atau tempat-tempat yang mudah dijangkau.

2. Mengepel Lantai Dapur

Kita tahu dapur selalu menjadi tempat yang tidak bersih di rumah. Remah-remah makanan, substansi lengket. Kebersihan di dapur tentunya perlu dijaga, oleh karena itu mengepel lantai dapur penting nih dilakukan. Hanya 5 menit waktu yang diperlukan untuk membersihkan semua kotoran di lantai.

3. Membuat Daftar Belanja

Tahu kan bagaimana rasanya pergi ke toko dalam keadaan bingung? Hal ini karena kita nggak siap dengan daftar belanja. Selain langsung ke tujuan, daftar belanja membuat kita berhemat karena tak tergoda untuk beli barang-barang yang tak perlu.

4. Rebahan

Meski kesannya nggak produktif, rebahan bisa membuat para ibu lebih tenang dan rileks. Sembari rebahan ibu bisa mempersiapkan badan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga berikutnya.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi