MOM'S LIFE

Ingat Ya, Bun, Memperhatikan Diri Sendiri Juga Penting Lho

Amelia Sewaka Selasa, 12 Des 2017 - 18.05 WIB
Ingat Ya, Bun, Memperhatikan Diri Sendiri Juga Penting Lho/ Foto: ilustrasi/thinkstock Ingat Ya, Bun, Memperhatikan Diri Sendiri Juga Penting Lho/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sebagai istri sekaligus ibu kadang kita lebih mendahulukan kepentingan suami dan anak. Tapi, kita perlu ingat kalau memperhatikan diri sendiri pun penting lho, Bun.

Berdasarkan penelitian Survei Kesehatan Wanita Indonesia 2017 yang dilakukan Fontera Brands Indonesia dan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), sebagian besar perempuan menempatkan kesehatan diri mereka sendiri di urutan terbawah dari lima prioritas hidup di mana mereka lebih konsentrasi ke kesehatan dan kesehjateraan anggota keluarga mereka.

"Ibu berperan 2/3 kali lebih banyak dalam mengelola rumah tangga dan dua kali lebih banyak dalam pengasuhan anak dibandingkan ayah," kata Roslina Verauli SPsi MPsi, psikolog anak dan keluarga, dalam acara Fonterra Brands Indonesia Merayakan Hari Ibu dengan Kampanye 'Best Mom Ever', di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).
Nggak hanya itu, psikolog yang akrab disapa Vera ini juga bilang, ibu memiliki peran penting lainnya lho yaitu sebagai pusat emosi atau emotion work yang mencakup peran mendengarkan pasangan dan anak, memahami pikiran dan perasaan mereka, serta kasih dukungan dan apresiasi.

"Nah, jadi status emosi ibu itu sangat memengaruhi kesejahteraan emosional keluarga secara keseluruhan hingga perlu banget self appreciation untuk selalu happy dan sejahtera secara emosional," papar Vera.

Nggak hanya dari psikologis, Bun, seorang ibu juga perlu memperhatikan nutrisi untuk tubuhnya sendiri. Pada kesempatan yang sama, Ines Yumahana Gulardi MSc, Senior Nutrition Manager Fonterra Brands Indonesia mengatakan semua anggota keluarga perlu mengonsumsi nutrisi seimbang dan menjalani pola hidup sehat.

"Di sinilah peran fundamental ibu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi keluarga, para ibu mengalami berbagai fase kehidupan baik dirinya maupun anggota keluarga," ungkap Ines.

Ines melanjutkan tiap fase tersebut membutuhkan nutrisi yang berbeda nih, Bun. Misal, saat sedang hamil dan menyusui, anak di usia pertumbuhan, hingga orang tua yang menghadapi usia lanjut. Kampanye Best Mom Ever memang bertujuan untuk mengapresiasi para ibu yang selalu memastikan kebutuhan nutrisi keluarga dan menjadikan mereka ibu terbaik atau best mom ever.

Ya, supaya semua ibu selalu menjaga dirinya sendiri dan keluarga agar tetap aktif, sehat dan produktif. Karena itu, Bun, yuk mulai perhatikan diri sendiri karena kitalah sumber keseimbangan dalam keluarga. Sedikit 'egois' untuk men-charge diri sebentar nggak apa-apa kok, yang penting ketika di rumah semisal pulang dari kantor, kita bisa kembali happy. Bunda happy, keluarga pun happy.
(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi