aktivitas

Seberapa Perlu Ortu Antar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah?

Radian Nyi Sukmasari 15 Jul 2018
Seberapa Perlu Ortu Antar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah?/ Foto: thinkstock Seberapa Perlu Ortu Antar Anak di Hari Pertama Masuk Sekolah?/ Foto: thinkstock
Jakarta - Setelah libur panjang, Senin (16/7) anak-anak kembali masuk sekolah di tahun ajaran baru. Nah, di hari pertama masuk sekolah ini, ada orang tua yang menyempatkan diri mengantar anaknya tapi ada juga yang nggak. Sebenarnya, seberapa perlu sih orang tua mengantar anak di hari pertama masuk sekolah?

Menurut psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre Ratih Zulhaqqi sebenarnya kalau bisa mengantar anak sekolah nggak di hari pertamanya masuk sekolah aja, Bun. Soalnya, kata Ratih justru orang tua harus memperhatikan anak setiap hari.

"Lagipula percuma antar anak di hari pertama sekolah tapi orang tuanya terus fokus sama gadget. Percuma mengantar anak di hari pertama anak sekolah tapi orang tua nggak bisa kasih perhatian optimal," kata Ratih waktu berbincang dengan HaiBunda.

Memang ini kembali ke keputusan masing-masing orang tua. Tapi, Ratih mengingatkan jangan sampai orang tua hanya di hari pertama masuk sekolah aja melakukan interaksi dengan anak-anaknya.



Artinya, ketika orang tua nggak bisa mengantar anak di hari pertamanya masuk sekolah tapi interaksi senantiasa terjaga sehingga orang tua tahu gimana keseharian anak di sskolah, nggak masalah, Bun. Nah gimana kalau anak baru pertama kali masuk TK, SD, atau SMP?

"Sebetulnya yang perlu dipersiapkan bukan hari pertamanya masuk sekolah tapi sebelum anak masuk sekolah. Disounding ke anak di sekolah dia akan ngapain aja, temannya gimana, itu yang mesti dipersiapkan," kata Ratih.

Jika orang tua mau dan bisa mengantar anak di hari pertama masuk sekolah, silakan aja, Bun. Namun, Ratih mengingatkan di hari pertamanya sekolah beri anak kesempatan berbaur dengan teman-temannya, terutama teman baru.

Menurut Bunda gimana? Seberapa perlu sih mengantar anak di hari pertama masuk sekolah?


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi