aktivitas

Asyik! Di Hari Pertama Masuk SD, Anak-anak di Jerman Dapat Hadiah Lho

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 13 Mar 2018 - 18.07 WIB
Asyik! Di Hari Pertama Masuk SD, Anak-anak di Jerman Dapat Hadiah Lho/ Foto: Instagram @atelier_kleeblatt Asyik! Di Hari Pertama Masuk SD, Anak-anak di Jerman Dapat Hadiah Lho/ Foto: Instagram @atelier_kleeblatt
Jakarta - Duduk di Sekolah Dasar (SD) pertama kali bisa jadi pengalaman baru dan nggak terlupakan buat anak-anak. Nah, ada yang unik di Jerman nih, Bun. Saat anak-anak masuk SD pertama kali, mereka dapat hadiah lho.

Perayaan hari pertama anak masuk SD disebut dengan Einschulung. Nah, di sini murid dan orang tuanya diundang ke sekolah. Ada penampilan dari si kakak kelas juga. Wah, lucu banget ya! Setelah itu, biasanya kepala sekolah memberi sambutan dan tibalah waktu yang bisa jadi bikin murid-murid baru ini happy. Ya, mereka dapat hadiah, Bun!

Hadiah itu disebut dengan zuckertute. Ini adalah sebuah kotak dengan bentuk mirip cone es krim dengan isi permen, alat sekolah kayak pensil dan penghapus, juga mainan! Wah, asyik ya.

Dikutip dari Babble, Zuckertute biasanya dibuat sendiri oleh orang tua dan kakek neneknya lengkap dengan dekorasi yang dikreasikan sendiri. Di cone itu tertulis juga nama si anak, Bun. Zuckertute digantung di pohon yang terbuat dari besi dan nantinya anak akan mencari zuckertute-nya berdasarkan nama mereka. Hmm, hari pertama sekolah jadi berasa seperti perayaan ulang tahun atau Natal ya. He-he-he.



Zuckertute nggak sekadar hadiah buat anak yang baru masuk SD tapi ada makna lain yakni aktivitas sekolah mereka nggak cuma didukung sama guru dan pihak sekolah. Tapi, keluarga dan orang di sekitar pun turut mendukung si anak. Dengan begitu, anak jadi lebih semangat.

Apa perayaan anak yang pertama masuk SD hanya dilakukan di sekolah? Nggak, Bun. Masih ada perayaan lanjutan di rumah. Jadi, diadakan makan malam bersama keluarga yang pastinya gimana acaranya dan apa menunya berbeda-beda di tiap keluarga ya.

Momen hari pertama anak masuk SD memang tergantung dari tradisi di tiap negara bahkan daerah. Saat anak pertama masuk SD, hal terpenting yang perlu disiapkan orang tua adalah gimana anak bisa siap menjalani kegiatan rutin yang baru sebagai murid SD, bukan lagi murid TK.
Asyik! Di Hari Pertama Masuk SD, Anak-anak di Jerman Dapat Hadiah LhoFoto: Instagram @atelier_kleeblatt
Kata psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, pasti ada waktu beberapa minggu sebelum anak masuk SD. Ya, termasuk dalam memilih sekolah untuk anak. Supaya anak siap masuk SD, ketika memilih sekolah kita bisa ajak anak sehingga ada 'chemistry' buat anak gitu, Bun. He-he-he. Terus, kalau mau mengantar anak di hari pertamanya sekolah boleh aja. Tapi ada yang perlu diperhatikan, Bun.

"Jangan sampai orang tua menunjukkan kekhawatiran berlebih. Ada beberapa orang tua yang terharu anaknya masuk sekolah sampai kayak jadi lebih khawatir," tutur Ratih yang praktik di RaQQi - Human Development & Learning Centre.


Kalau orang tua kelihatan terlalu khawatir, nantinya anak justru curiga ada apa di sekolah sampai orang tuanya begitu khawatir. Nah, sinyal kekhawatiran berlebih juga bisa ditangkap sama anak ketika orang tuanya sampai ambil cuti demi mengantar atau menunggui dia di hari pertama masuk sekolah.

"Bunda sama ayah juga bisa bilang ke anak anak bahwa hari ini adalah hari pertama masuk sekolah bunda dan ayahnya mau mengabadikan momen ini," kata Ratih dikutip dari detikHealth. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi