aktivitas

Daftar Kegiatan Seru di Rumah yang Bisa Dilakukan di Libur Sekolah

Nurvita Indarini Selasa, 12 Des 2017 - 17.05 WIB
Daftar Kegiatan Seru di Rumah yang Bisa Dilakukan di Libur Sekolah/ Foto: dok.HaiBunda Daftar Kegiatan Seru di Rumah yang Bisa Dilakukan di Libur Sekolah/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Liburan sekolah berbarengan dengan Natal dan tahun baru. Hmm, jangan-jangan nanti di mana-mana bakal lebih macet. Nah, kalau Bunda nggak berniat ke mana-mana, bisa melakukan berbagai aktivitas seru kok di rumah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ide kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah. Kira-kira mana nih yang cocok dilakukan?

1. Menghias Kue

Yuk ajak anak membuat kue, Bun, misalnya saja cup cake. Nanti kalau sudah jadi, kita minta mereka menghias kue yang baru saja dibuat.

Menghiasnya bisa pakai apa saja, misalnya meses, sprinkle, buah yang dipotong kecil-kecil, buah kering, atau aneka cokelat.

Nggak harus bikin kue dulu untuk dihias sih, Bun. Bisa juga dengan meminta anak berkreasi dengan menghias roti tawar, seru juga lho.

Kalau Bunda punya beberapa anak atau ada sepupu-sepupunya yang menginap di rumah, biar makin seru kita bikin kompetisi kecil saja. Nanti anggota keluarga yang lain bisa menjadi juri. Hadiahnya misalnya mendapat buku cerita atau hal menyenangkan lainnya.

2. Pura-pura Jadi Model

Kegiatan seru lainnya adalah dengan main pura-pura jadi model yang berjalan di atas catwalk. Kali ini si kecil yang cantik boleh pakai sepatu bundanya yang berhak tinggi untuk berjalan di tempat yang kita siapkan sebelumnya.

Bisa juga kita sapukan make up sederhana di wajah anak. Lalu rambut anak ditata rapi biar mereka tampil beda.

Biar lebih menjiwai, boleh lho sambil menyetel musik yang ceria. Saat anak-anak berjalan di 'catwalk', Bunda dan Ayah bisa pura-pura jadi fotografer juga biar si kecil makin semangat, hi-hi-hi.


3. Main Kemah-kemahan

Buat anak-anak, punya 'rumah' sendiri itu menyenangkan banget. Kita bisa kok membuatkan 'rumah' buat mereka.

Caranya, Bunda bisa memanfaatkan meja makan di rumah. Awalnya bersihkan dulu meja makan sampai bersih dan kosong, lalu ambil taplaknya dan gantikan dengan bed cover atau seprai. Taraa, tenda yang bisa jadi 'rumah' buat si kecil sudah jadi.

Kalau nggak ada meja makan, Bunda bisa menggunakan kursi yang diatur sedemikian rupa, sehingga memungkinkan meletakkan bed cover atau seprai. Tenda itu bisa menjadi tempat persembunyian anak, di mana mereka bisa melakukan aktivitas apapun di sana seperti membaca buku, makan camilan, bermain tamu-tamuan, atau tidur siang.

4. Melukis Wajah

Melukis wajah sering saya lakukan bersama si kecil di rumah nih, Bun. Seru lho. Memang nggak boleh pakai sembarang cat untuk melukis di wajah, saya beli dulu cat khususnya di toko online. Harganya bervariasi. Ada yang Rp 55 ribu sampai ratusan ribu. Pastikan memang aman untuk anak ya, Bun.

Kalau memang sulit mendapat cat wajah, kita bisa pakai lipstik yang sudah hampir habis. Lucu deh, Bun, saling melukis wajah bisa mendorong kreativitas anak.

5. Membuat Film

Sekarang sudah ada berbagai aplikasi yang memungkinkan anak membuat film. Jadi foto dan video yang sudah ada bisa diedit sehingga jadi seperti film. Bahkan banyak yang dilengkapi dengan musik, grafis, dan efek yang oke punya.

Tapi kalau nggak ingin anak sibuk dengan gadget, bisa juga dengan membuat pertunjukan. Jadi anak-anaklah pemerannya, lalu boneka-boneka dan kita sebagai orang tua adalah penontonnya. Agar lebih menjiwai, kita bisa melengkapi anak dengan kostum yang unik, misalnya dari kertas koran atau dari kain di rumah. Bisa juga dengam membuat mahkota dari kertas dan daun-daun yang ditemukan di sekitar rumah.

Ya, liburan sekolah nggak harus dengan pergi ke luar kota jika kondisi tidak memungkinkan. Kalau kangen dengan kakek neneknya, yuk ajak anak melakukan video call. Bahkan bisa juga lho kakek dan nenek melihat pertunjukan anak melalui video call.

Kalau mau video call tentu butuh smartphone kan, Bun. Bicara soal smartphone, kita bisa berkesempatan mendapatkannya secara gratis nih. Caranya adalah dengan membuka tabungan Mega Rencana. Soalnya Mega Rencana menawarkan hadiah gadget di pembukaan awal rekening.

Dengan Mega Rencana, setiap bulan akan dipotong langsung dari rekening Mega Dana yang sudah kita punya. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, setelah beberapa waktu, terkumpullah tabungan yang lumayan tuh, Bun, di Mega Rencana kita.

Seperti pengalaman saya nih, setiap bulan rekening saya dipotong satu juta rupiah untuk Mega Rencana. Nggak terasa setelah dua tahun ada lebih dari dua puluh juta rupiah yang saya simpan. Lumayan kan, Bun.
Oh iya, kalau kita menabung di Bank Mega, bisa menyelam sambil minum air. Soalnya Bank Mega menawarkan program undian baru, yaitu Mega Super Vaganza Gemilang Emas.

Program ini memberikan ratusan keping emas dan hadiah berupa voucher kepada para nasabah. Program telah berlangsung sejak 25 September 2017 dan berakhir 11 Maret 2018.

Setiap minggu Bank Mega mengundi nasabah yang akan mendapatkan emas 10 gram untuk 30 pemenang, emas 100 gram untuk 1 pemenang (setiap minggu) dan emas 500 gram untuk 2 pemenang (akhir periode) serta voucher belanja CT Corp setiap bulan. (vit/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi